STUDI LONGSORAN STRUKTUR TANGGUL (STUDI KASUS: TANGGUL BANJIR KANAL BARAT, JAKARTA)

Penulis

  • Ahmad Taufiq
  • Diah Affandi

DOI:

https://doi.org/10.32679/jth.v5i2.307

Kata Kunci:

Longsoran, tanggul, kanal, sheet pile, ground anchor

Abstrak

Tanggul Banjir Kanal Barat (BKB) yang terletak pada ruas Jembatan Guntur - Jembatan Halimun Jakarta telah mengalami longsor pada bagian tengah ruas tersebut sepanjang 70 m. Berdasarkan pengamatan lapangan kelongsoran tersebut disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut: tanah timbunan yang buruk (banyak plastik dan sampah) disertai nilai sondir yang kecil; diperkirakan dimensi dan kedalaman turap kurang memadai untuk menahan gaya lateral; desain turap sheet pile hanya sampai kedalaman 9 m atau dipancang tidak menembus pasir sehingga diperkirakan tidak mampu menahan gaya lateral; tidak berfungsinya drainase permukaan. Berdasarkan analisis desain penanggulangan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa; Alternatif B yaitu sheet pile 12 m di sisi jalan, dan sheet pile 14 m pada sisi kanal ditambah dengan ground anchor dan tanah timbunan diganti dengan tanah yang memenuhi kuat geser yang disyaratkan merupakan alternatif desain terbaik, karena memberikan angka keamanan paling tinggi (FK = 1.40). Namun, mengingat kemudahan dan ketersedian dan kemampuan alat kontraktor yang sedang bekerja, maka alternatif C adalah alternatif yang terpilih dengan nilai FK yang 1,25 yang masih memenuhi persyaratan. Desain yang dipilih adalah perkuatan dengan sheet pile 12 m di sisi jalan, dan sheet pile 12 m pada sisi 3 m dari kanal ditambah dengan ground anchor dan tanah timbunan diganti dengan tanah yang memenuhi kuat geser yang disyaratkan.

Referensi

Badan Penelitian dan Pengembangan Pekerjaan Umum, PU. Petunjuk Penyelidikan dan penanggulangan Gerakan Tanah. Oktober 1986.

Das, B. M 1995. Mekanika Tanah dalam Prinsip –Prinsip Rekayasa Geoteknik, Jilid 2.Jakarta : Erlangga

Direktorat Bina Teknik. Petunjuk TeknisPerencanaan dan Penanganan Longsoran. 2010

Gompul Dairi, BRE., Ir., M.Sc. dan Jalaluddin, ST., MT. Penanganan Longsoran Badan Jalan Dengan Penjangkaran di Banda Aceh

Hidayat, I. Makalah Studi Perencanaan Penanggulangan Kelongsoran Tebing Sungai Batang Tembesi Dengan Perkuatan Lereng dan Krib Tiang Pancang. 2008

SNI 03-1964-1990. Metode Pengujian Berat Jenis Tanah / ASTM D 854 Test Method for Specific Gravity of Soils.

SNI 03-1965-1990. Metode Pengujian Kadar air.

SNI 03-3637-1994. Metode pengujian Berat isi tanah asli

SNI 03-1964-1990. Metode Berat Jenis

SNI 03-1966-1990; SNI 03-1967-1990, Metode pengujian Batas –batas atterberg

SNI 03-3423-1994, Gradasi (ayakan dan hydrometer)

SNI 03-2455-1991, Triaxial CUBP

P3G. 1992. Peta Geologi Lembar Jakarta – Pulau Seribu

Syarifudin Firmansyah ,Jurusan Teknik Sipil Fakultas Tekik Sipil dan Perencanaan, Universitas Gunadarma, Perencanaan Penanggulangan Longsoran Pada Proyek Jalan di Lokasi Bayah. Provinsi Banten Pada STA 2 +920 s.d STA 3 + 920.

Unduhan

Diterbitkan

2017-12-12

Cara Mengutip

Taufiq, A., & Affandi, D. (2017). STUDI LONGSORAN STRUKTUR TANGGUL (STUDI KASUS: TANGGUL BANJIR KANAL BARAT, JAKARTA). JURNAL TEKNIK HIDRAULIK, 5(2), 151–164. https://doi.org/10.32679/jth.v5i2.307