STUDI LONGSORAN STRUKTUR TANGGUL (STUDI KASUS: TANGGUL BANJIR KANAL BARAT, JAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.32679/jth.v5i2.307Kata Kunci:
Longsoran, tanggul, kanal, sheet pile, ground anchorAbstrak
Tanggul Banjir Kanal Barat (BKB) yang terletak pada ruas Jembatan Guntur - Jembatan Halimun Jakarta telah mengalami longsor pada bagian tengah ruas tersebut sepanjang 70 m. Berdasarkan pengamatan lapangan kelongsoran tersebut disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut: tanah timbunan yang buruk (banyak plastik dan sampah) disertai nilai sondir yang kecil; diperkirakan dimensi dan kedalaman turap kurang memadai untuk menahan gaya lateral; desain turap sheet pile hanya sampai kedalaman 9 m atau dipancang tidak menembus pasir sehingga diperkirakan tidak mampu menahan gaya lateral; tidak berfungsinya drainase permukaan. Berdasarkan analisis desain penanggulangan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa; Alternatif B yaitu sheet pile 12 m di sisi jalan, dan sheet pile 14 m pada sisi kanal ditambah dengan ground anchor dan tanah timbunan diganti dengan tanah yang memenuhi kuat geser yang disyaratkan merupakan alternatif desain terbaik, karena memberikan angka keamanan paling tinggi (FK = 1.40). Namun, mengingat kemudahan dan ketersedian dan kemampuan alat kontraktor yang sedang bekerja, maka alternatif C adalah alternatif yang terpilih dengan nilai FK yang 1,25 yang masih memenuhi persyaratan. Desain yang dipilih adalah perkuatan dengan sheet pile 12 m di sisi jalan, dan sheet pile 12 m pada sisi 3 m dari kanal ditambah dengan ground anchor dan tanah timbunan diganti dengan tanah yang memenuhi kuat geser yang disyaratkan.Referensi
Badan Penelitian dan Pengembangan Pekerjaan Umum, PU. Petunjuk Penyelidikan dan penanggulangan Gerakan Tanah. Oktober 1986.
Das, B. M 1995. Mekanika Tanah dalam Prinsip –Prinsip Rekayasa Geoteknik, Jilid 2.Jakarta : Erlangga
Direktorat Bina Teknik. Petunjuk TeknisPerencanaan dan Penanganan Longsoran. 2010
Gompul Dairi, BRE., Ir., M.Sc. dan Jalaluddin, ST., MT. Penanganan Longsoran Badan Jalan Dengan Penjangkaran di Banda Aceh
Hidayat, I. Makalah Studi Perencanaan Penanggulangan Kelongsoran Tebing Sungai Batang Tembesi Dengan Perkuatan Lereng dan Krib Tiang Pancang. 2008
SNI 03-1964-1990. Metode Pengujian Berat Jenis Tanah / ASTM D 854 Test Method for Specific Gravity of Soils.
SNI 03-1965-1990. Metode Pengujian Kadar air.
SNI 03-3637-1994. Metode pengujian Berat isi tanah asli
SNI 03-1964-1990. Metode Berat Jenis
SNI 03-1966-1990; SNI 03-1967-1990, Metode pengujian Batas –batas atterberg
SNI 03-3423-1994, Gradasi (ayakan dan hydrometer)
SNI 03-2455-1991, Triaxial CUBP
P3G. 1992. Peta Geologi Lembar Jakarta – Pulau Seribu
Syarifudin Firmansyah ,Jurusan Teknik Sipil Fakultas Tekik Sipil dan Perencanaan, Universitas Gunadarma, Perencanaan Penanggulangan Longsoran Pada Proyek Jalan di Lokasi Bayah. Provinsi Banten Pada STA 2 +920 s.d STA 3 + 920.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis menyetujui hal-hal sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka secara online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya pensitasian yang lebih cepat dan lebih banyak dari setiap karya yang diterbitkan.