STUDI LONGSORAN STRUKTUR TANGGUL (STUDI KASUS: TANGGUL BANJIR KANAL BARAT, JAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.32679/jth.v5i2.307Keywords:
Longsoran, tanggul, kanal, sheet pile, ground anchorAbstract
Tanggul Banjir Kanal Barat (BKB) yang terletak pada ruas Jembatan Guntur - Jembatan Halimun Jakarta telah mengalami longsor pada bagian tengah ruas tersebut sepanjang 70 m. Berdasarkan pengamatan lapangan kelongsoran tersebut disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut: tanah timbunan yang buruk (banyak plastik dan sampah) disertai nilai sondir yang kecil; diperkirakan dimensi dan kedalaman turap kurang memadai untuk menahan gaya lateral; desain turap sheet pile hanya sampai kedalaman 9 m atau dipancang tidak menembus pasir sehingga diperkirakan tidak mampu menahan gaya lateral; tidak berfungsinya drainase permukaan. Berdasarkan analisis desain penanggulangan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa; Alternatif B yaitu sheet pile 12 m di sisi jalan, dan sheet pile 14 m pada sisi kanal ditambah dengan ground anchor dan tanah timbunan diganti dengan tanah yang memenuhi kuat geser yang disyaratkan merupakan alternatif desain terbaik, karena memberikan angka keamanan paling tinggi (FK = 1.40). Namun, mengingat kemudahan dan ketersedian dan kemampuan alat kontraktor yang sedang bekerja, maka alternatif C adalah alternatif yang terpilih dengan nilai FK yang 1,25 yang masih memenuhi persyaratan. Desain yang dipilih adalah perkuatan dengan sheet pile 12 m di sisi jalan, dan sheet pile 12 m pada sisi 3 m dari kanal ditambah dengan ground anchor dan tanah timbunan diganti dengan tanah yang memenuhi kuat geser yang disyaratkan.References
Badan Penelitian dan Pengembangan Pekerjaan Umum, PU. Petunjuk Penyelidikan dan penanggulangan Gerakan Tanah. Oktober 1986.
Das, B. M 1995. Mekanika Tanah dalam Prinsip –Prinsip Rekayasa Geoteknik, Jilid 2.Jakarta : Erlangga
Direktorat Bina Teknik. Petunjuk TeknisPerencanaan dan Penanganan Longsoran. 2010
Gompul Dairi, BRE., Ir., M.Sc. dan Jalaluddin, ST., MT. Penanganan Longsoran Badan Jalan Dengan Penjangkaran di Banda Aceh
Hidayat, I. Makalah Studi Perencanaan Penanggulangan Kelongsoran Tebing Sungai Batang Tembesi Dengan Perkuatan Lereng dan Krib Tiang Pancang. 2008
SNI 03-1964-1990. Metode Pengujian Berat Jenis Tanah / ASTM D 854 Test Method for Specific Gravity of Soils.
SNI 03-1965-1990. Metode Pengujian Kadar air.
SNI 03-3637-1994. Metode pengujian Berat isi tanah asli
SNI 03-1964-1990. Metode Berat Jenis
SNI 03-1966-1990; SNI 03-1967-1990, Metode pengujian Batas –batas atterberg
SNI 03-3423-1994, Gradasi (ayakan dan hydrometer)
SNI 03-2455-1991, Triaxial CUBP
P3G. 1992. Peta Geologi Lembar Jakarta – Pulau Seribu
Syarifudin Firmansyah ,Jurusan Teknik Sipil Fakultas Tekik Sipil dan Perencanaan, Universitas Gunadarma, Perencanaan Penanggulangan Longsoran Pada Proyek Jalan di Lokasi Bayah. Provinsi Banten Pada STA 2 +920 s.d STA 3 + 920.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Teknik Hidraulik and Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat as publisher of the journal. This journal is license under CC-BY-SA or the creative comments attribution-ShareAlike license.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal teknik Hidraulik and Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Jurnal teknik Hidraulik and Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal.